Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru UNPATTI dirumuskan dengan memperhatikan rumusan capaian pembelajaran yang disusun IndoMS dan kebutuhan pengembangan Pendidikan Matematika di Provinsi Maluku. Rumusan CPL mandatory yang disusun program studi meliputi parameter deskripsi pengetahuan dan keterampilan khusus. Selanjutnya mengacu pada Permendikbud Nomor 53 tahun 2023, standar kompetensi lulusan dinyatakan dalam capaian pembelajaran lulusan (CPL), meliputi sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru UNPATTI dan Kaitannya dengan Profil Lulusan

Kode

Deskripsi

CPL-1

Menguasai kompetensi untuk menjadi guru profesional, menghargai keberagaman, memiliki kepekaan terhadap masalah pendidikan, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, serta memiliki kemandirian belajar.

CPL-2

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif, serta mampu berkomunikasi efektif, dan bekerjasama secara kooperatif dalam pemecahan masalah pendidikan secara khusus dan pengembangan masyarakat secara umum.

CPL-3

Menguasai konsep, struktur, materi dan pola pikir keilmuan matematika, serta dasar-dasar matematika yang diperlukan untuk pemecahan masalah matematika dan melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah.

CPL-4

Menguasai berbagai konsep matematika lanjut yang memberikan dasar kuat bagi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan studi lanjut.

CPL-5

Menguasai pengetahuan terkait computer, bahasa pemrograman, pemrograman web, dan desain grafis serta mampu membelajarkannya.

CPL-6

Menguasai matematika olimpiade untuk tingkat satuan pendidikan dan mampu membimbing peserta didik

CPL-7

Menguasai berbagai teori belajar dan pembelajaran, perencanaan pembelajaran, serta penilaian proses dan hasil belajar untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik Matematika.

CPL-8

Mengenal karakteristik peserta didik, dan menggunakannya dalam perencanaan dan pembelajaran yang inovatif serta dalam pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL-9

Mengenal karakteristik, budaya, dan kondisi wilayah kepulauan untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika yang lebih bermakna dan efektif

CPL-10

Mengenal lingkungan persekolahan dan berbagai aspek terkait manajemen pendidikan baik pada pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, serta mampu melaksanakan pembelajaran dan penilaian pada satuan pendidikan

CPL-11

Menguasai berbagai konsep manajemen pendidikan dan kewirausahaan dan menerapkannya dalam pengelolaan pendidikan atau wirausaha dalam bidang pendidikan

CPL-12

Menguasai berbagai konsep penelitian serta mampu merancang, melaksanakan, menganalisis, menyusun laporan, dan mempublikasikan hasil penelitian secara objektif dan bertanggung jawab

CPL-13

Menguasai Teknologi dan Mampu menerapkannya dalam Pembelajaran