Dalam perumusan profil lulusan, dilakukan pelacakan alumni dan forum group discussion (FGD) dengan para alumni dan pengguna lulusan. Dari pelacakan lulusan, diperoleh informasi bahwa sekitar 85% lulusan bekerja sebagai guru matematika, sisanya bekerja sebagai guru TIK, pengajar pada lembaga kursus atau guru privat, karyawan bank, pegawai dinas pendidikan, peneliti, dan wirausaha.
Kebutuhan guru matematika pada satuan pendidikan SMP dan SMA di provinsi Maluku, Kabupaten Kepulauan Aru, setiap tahunnya relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan lulusan S1 Program Studi Pendidikan Matematika. Itu berarti lulusan Program Studi Pendidikan Matematika harus dibekali dengan kemampuan lain, agar tidak hanya dapat berperan sebagai guru matematika. Peran lain yang dapat dirancang dan dikembangkan untuk dimiliki oleh lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru UNPATTI, selain guru matematika adalah programmer dan guru TIK, edupreneur matematika, dan peneliti di bidang pendidikan. Dengan demikian, terdapat 4 (empat) profil lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru UNPATTI, sebagaimana dideskripsikan pada Tabel 5.1 berikut ini.
Deskripsi Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru UNPATTI
No. | Profil | Deskripsi Profil |
1. | Guru Matematika | Guru professional yang melaksanakan tugas mengajar, mendidik, membina, dan melatih dalam bidang Pendidikan matematika di SMP/MTs, SMA, dan SMK. Guru matematika memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian, serta mampu melayani peserta didik dalam bidang pendidikan matematika di wilayah kepulauan |
2. | Guru TIK | Guru yang memiliki penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dan mampu merancang, mengembangkan, dan membelajarkannya. |
3. | Edupreneur Matematika | Wirausaha di bidang pendidikan matematika yang memiliki wawasan kewirausahaan dan mampu menerapkan pengetahuan matematika yang dimilikinya untuk memberikan nilai tambah ekonomi. |
4. | Asisten Peneliti Pendidikan | Peneliti yang peka terhadap permasalahan pendidikan, mampu merancang desain penelitian, melaksanakan penelitian, menganalisis data, dan menyusun laporan penelitian, serta mempublikasikannya. |